Lahan Baru Pertambangan Dan Perkebunan Di Kab. Berau

Eksploitasi sumber daya alam seperti penambangan batu bara dan pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit mengancam kerusakan lingkungan Kabupaten Berau. Program Berau Hijau sepertinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, dikarenakan adanya pembukaan lahan baru serta semakin meluasnya areal pertambangan yang 60% belum tereboisasi."Ancaman nyata di depan mata yakni desakan ekonomi dari paradigma PAD bagi daerah dengan membuka konsesi batu bara dan perkebunan selalu menggoda, di sini peranan pemerintah untuk menyiapkan langkah berikutnya sebagai antisipasi kerusakan tentunya dengan komitmen penuh perusahaan itu sendiri,"

Sebagai Negara yang mempunyai julukan paru-paru dunia, Indonesia mempunyai tuntutan yang besar akan kelestarian alamya. Indonesia mempunyai banyak sekali pulau yang terselimuti oleh hutan lebat. Namun pada beberapa dekade belakangan ini, banyak negara yang mengecam akan kelestarian alam yang terjadi di Indonesia, termasuk kabupaten berau sendiri. Industri pertambangan baru tersebut melakukan sesuatu hal yang merusak lingkungan agar mendapatkan keuntungan yang besar. 


Berkurangnya sumber keseimbangan alam seperti hutan, air dan tanah yang subur sebagian besar disebabkan oleh kegiatan pertambangan yang menghasilkan polutan yang sangat besar sejak awal eksploitasi sampai proses produksi dan hanya mementingkan keuntungan pribadi tanpa memperhatikan faktor kelestarian lingkungan.

       Semakin besar skala kegiatan pertambangan, makin besar pula area dampak yang ditimbulkan. Perubahan lingkungan akibat kegiatan pertambangan dan perkebunan dapat bersifat permanen, atau tidak dapat dikembalikan kepada keadaan semula.

By Sleck Junior
Share this article :
Comments On Facebook
2 Comments On Blogspot

2 Silakan klick untuk memberi kritik & saran:

Post a Comment

Silakan berikan komentar untuk memberi kritik atau saran kepada greempanks

Popular Posts

Greempanks On Twitter

 
Copyright © 2013. GREEMPANKS.COM - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger