Gunung Bawakaraeng - Menjanjikan Keindahan Alam

Gunung bawakaraeng atau "gunung mulut tuhan" terletak dikabupaten gowa sulawesi selatan, mitosnya gunung ini merupakan tempat pertemuan para wali tapi itu cuman mitos belum ada kebenaran, selain itu setiap bulan haji atau bulan Zulhijjah penduduk sekitar melaksanakan sholat Idul Adha di puncak gunung bawakaraeng tersebut. Banyak informasi mengatakan puncak gunung bawakaraeng di jadikan tempat beribadah haji / melaksanakan haji, namun menurut juru kunci gunung bawakaraeng mengatakan bahwa "Mereka ke puncak bukan untuk melaksanakan haji tetapi melaksanakan sholat Idul Adha kalau mau naik haji ya di Mekkah" kata Tata Mandong sang juru kunci gunung bawakaraeng.Adanya aktifitas masyarakat di puncak gunung bawakaraeng menjadi daya tarik bagi bagi pengunjung untuk bisa sampai kepuncak.
Gunung yang tingginya sekitar 2.750 meter dari permukaan laut ini juga menjadi arena pendakian, tidak hanya dari kalangan pecinta alam tetapi juga dari kalangan pekerja yang ingin sekedar melepas penat, namun dibalik semua itu gunung ini juga telah banyak menelan korban akibat suhu dingin yang tinggi.

Pemandangan gunung bawakaraeng

Untuk mencapai puncak tertinggi kita melewati 10 pos persinggahan, berukut keterangan perposnya :
Pos 1
Dari Pos 1 yg ketinggian mencapai 1650 mdpl, pendakian terus landai hingga mencapai Pos 2, diperlukan waktu tak lebih dari 1 jam perjalanan, disini tersedia mata air yg mengalir.
Pos 2
Perjalanan belum terlalu mendaki, masih landai dan mulai masuk vegetasi hutan khas sulawesi, waktu tempuh tak berbeda dengan dari Pos 1 ke Pos 2,
Pos 3
Di pos 3 juga tersedia mata air dan bisa mendirikan Tenda.
Pos 4
Pos 4 di tempuh dalam waktu lebih dari 1 Jam perjalanan dan perjalanan di lanjut hingga Pos 5, di pos 5 terdapat mata air, hanya saja lumayan jauh. Biasanya Pos 5 digunakan untuk bermalam.
Pos 5
Dari Pos 5, perjalanan mulai mendaki dan sepanjang perjalanan akan melewati Pohon-pohon yg tumbang karena dari Pos 5 – 6, hutannya habis terbakar, kalau mendaki malam hari sebaiknya berhati-hati, karena disini biasanya pendaki sering tersasar, karena jalur tak begitu terlihat.
Pos 6
Ketika tiba di Pos 6, perjalanan masih melalu hutan yg lumayan lebat, perjalanan terus melandai dan mulai mendaki dan hutan mulai menghilang berganti vegetasi hutan yg berbeda dan setelah 2 jam perjalanan, akan tiba di Pos 7, yg punya ketinggian 2710 mdpl.
Pos 7
Di Pos 7 pemandangan sangat indah dan lumayan terbuka. Dipos 7 inilah yg sering terjadi badai.
Pos 8
Dari Pos 7 menuju Pos 8, jalur mulai naik turun, di sepanjang jalur ini terdapat 2 kuburan dan ada pula In-memoriam pendaki yg tewas, setelah melewati 2 bukit yg punya ketinggian rata-rata 2700 mdpl, jalur akan menurun dan Tiba di Pos 8, disini tersedia mata air, dan biasanya pendaki bermalam disini baru keesokan paginya menuju puncak Bawakaraeng. Pemandangan rumput savana dan puncak Bawakaraeng terlihat dari pos 8 ini, suhu pada malam hari antara 8-10 derajat.
Pos 9
Setelah melewati padang savana dan ada kebun edelweis maka akan Pos 9 di tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan, di pos 9 juga bisa digunakan untuk mendirikan tenda.
Pos 10
Pos 10 adalah Puncak Gunung Bawakaraeng. Untuk mencapai puncak bawakaraeng, tidak lah terlalu sulit, walaupun sedikit mendaki. Setelah menempuh kurang lebih ½ jam perjalanan, maka akan tiba di Puncak Bawakaraeng. Sebaiknya sebelum menuju puncak perhatian kondisi alam di puncak, terkadang angin bertiup lumayan kencang.
Seperti itulah gambaran perposnya menurut sumber seseorang pendaki di Greempanks yang telah menakklukkan gunung bawakaraeng. dan diapun tertantang kembali untuk mendakinya sebab puncak gunung bawakaraeng sungguh menakjubkan.
Pemandangan di puncak ini termasuk yang paling indah di sulawesi selatan,tak heran setiap minggu gunung ini rame didaki oleh para pendaki yang umumnya datang dari sulawesi selatan , juga dari provinsi lainya. Terdapat sumur yang dikeramatkan oleh masyasrakat ,juga terdapat batu yang digunakan untuk sesajen, luas puncaknya sekitar kurang lebih 100m2pemandangan Laut dan Kota Makassar di arah barat, di arah Timur Awan terlihat tebal dan terdiam menggumpal, di arah selatan terlihat Gunung Bulusaraung dan arah selatan, adalah Gunung LompoBatang 2871 mdpl, bisa dilintasi lewat Gunung Bawakaraeng, dan di puncak kita juga dapat melihat daerah Sinjai, Bulukumba,dan Selayar.
Share this article :
Comments On Facebook
4 Comments On Blogspot

4 Silakan klick untuk memberi kritik & saran:

  1. Sya cuman pngen sampai di post 7.. spertinya asik. hee..

    ReplyDelete
  2. @Unpala:bakal penasaran kalau hanya sampai post 7

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar untuk memberi kritik atau saran kepada greempanks

Popular Posts

Greempanks On Twitter

 
Copyright © 2013. GREEMPANKS.COM - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger